Memblokir Situs Internet

Memblokir situs internet ? Mungkin kalimat ini kurang enak didengar, tetapi kenyataannya seringkali kita memerlukannya. Pemblokiran situs situs internet mempunyai berbagai tujuan, seperti mencegah pengguna komputer mengakses situs situs tertentu secara langsung atau menangkal agar software software tertentu tidak dapat melakukan aksi aksi tersembunyi. Pengguna Internet Download Manager dan Adobe Acrobat, sering terganggu oleh tampilan permintaan update software sesaat setelah koneksi internet dilakukan, hal ini bisa ditanggulangi jika kita dapat melakukan pemblokiran terhadap situs situs tersebut.
Tata cara pemblokiran yang akan dibahas disini cukup efektif, tetapi tidak berarti sempurna karena untuk mengakses situs situs tertentu, seperti situs situs porno dan perjudian, masih dapat diakses oleh pengguna internet dengan melalui situs situs proxy yang banyak ditemukan di internet.
Langkah untuk melakukan pemblokiran situs cukup sederhana, yaitu dengan mencantumkan situs situs tersebut pada file HOSTS Windows. File HOSTS Windows ini tersimpan dalam file yang diberi nama HOSTS, file ini biasanya tersimpan di folder %SystemRoot%\system32\Drivers\ETC, dengan demikian jika %SystemRoot% pada komputer anda ada di C:\WINDOWS, maka file HOSTS WIndows tersedia di folder C:\WINDOWS\SYSTEM32\DRIVERS\ETC.
Setelah folder ditemukan, klik kanan file HOSTS dan buka dengan NOTEPAD, isi file akan nampak seperti gambar berikut




Tambahkan situs situs yang akan kita blokir ke baris terakhir dari file HOSTS, sebagai contoh jika kita ingin memblokir situs  www.googles.com, maka harus ditambahkan baris

127.0.0.1 www.googles.com
sehingga isi file HOSTS menjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar